Sunday, June 13, 2010

Menang atau Profesional ?

Bismillah

Segala puji hanya milik Allah yang memberiku rasa senaaang hari ini (mudah-mudahan nggak terlalu ya). Walaupun agak terlambat tapi syukurlah akhirnya bisa tahu informasinya. Tulisanku yang diikutkan pada Kontes Blog Berbagi Kisah Sejati yang diselenggarakan mbak Anazkia  dan disponsori oleh Denaihati beruntung mendapat peringkat ke-3 dari 89 peserta yang mengikuti kontes ini. Judul kisah yang aku ikutkan di kontes itu adalah Gerobak Untuk Anakku


Ini lomba pertamaku yang mendapat penghargaan dari ajang festival atau kontes tulisan, jadi buatku sangat berarti. Tapi, bagaimanapun, aku tetap meyakini bahwa mungkin juga ini hanya so'al keberuntungan saja, soal rezeky. Allah yang menggerakkan para juri itu menentukan pilihannya, so aku berusaha untuk tidak terlalu senang jika mendapat kemenangan begitu juga berusaha untuk tidak terlalu kecewa jika mendapatkan kekalahan.

Tidak hanya satu kontes yang aku ikut terlibat di dalamnya, kuikuti beberapa lomba lainnya seperti yang terakhir lomba Puisi Kocak-nya mbak Fany yang ditemani mbak Fanda dalam penjuriannya atau lomba Pre-Review-nya mbak Clara tapi dalam lomba-lomba itu aku belum beruntung. Dalam keyakinanku, Allah juga yang menggerakan para juri itu untuk tidak memilihku menjadi pemenangnya dan juga peserta-peserta lain yang ber"nasib" sama denganku.

Intinya adalah mengikuti lomba-lomba semacam itu sangat positif dan besar manfaatnya untuk membuat kita lebih terpacu untuk berkarya dan berkarya. Menjadikan tulisan sebagai media untuk kita bisa saling menginspirasi, saling memotivasi, saling mendukung satu sama lain, sebagai wujud persahabatan dan persaudaraan khususnya antar para nara-blogger.

Tidak masalah untuk menjadi pemenang ataupun tidak, walaupun motivasi awalnya tentu saja para peserta lomba sangat mengharapkan kemenangan. Namun kembali ke awal, semua hanya masalah rezeky dan masalah waktu yang bisa jadi jalannya adalah masalah selera juri hehehe. Betul kan?


Masalah selera ini memang sulit diganggu gugat, karena hal ini masalah rasa yang setiap orang berbeda-beda ambang penerimaannya. Misalnya waktu ada pengumuman lomba pemenang puisi kocak, yang menurut jurinya diantara semua peserta yang menyertakan puisi kocaknya nyasulit sekali menemukan puisi yang bisa membuat mereka sekedar mesem apalagi sampai tertawa berguling-guling (hehe ini kutipan dari kata-katanya mbak Fanny lho), padahal dalam penilaianku, saat aku berjalan-jalan membaca puisi-puisi kocak peserta lomba itu banyak yang bikin aku ketawa-ketawa sendiri kecuali puisi kocakku (lho...?) karena aku memang menyadari dalam kehidupan sehari-hari aja susah bikin orang ketawa dari lawakankku kecuali anak-anakku (itu juga sesudah diancam dibujuk harus ketawa,  kalo tetep cembeluut,  nggak akan dikasi donat kesukaan mereka hihihi). Jadi, ternyata apa yang bisa bikin aku kayak orang GeJe karena ketawa-ketawa sendiri (berdua deng sama monitor), ternyata belum tentu bisa membuat para juri itu terangkat bibirnya walaupun cuma yang sebelah kanaaan aja, apalagi sampai terpingkal-pingkal.


 Mungkiiin, keberuntunganku kali inipun karena kebetulan aja tulisanku agak-agak sesuai seleranya juri, padahal bisa jadi diantara peserta lain yang baca kisahku itu berfikiran :"Masa' sih yang kayak begini bisa dapet peringkat tiga?" atau "Yaah cuma segini aja, kira'in bagus" hehehehehe.... bukannya su'udzan ya (berprasangka jelek kepada orang lain) ini hanya ber mungkin-mungkin aja karena memang aku mengalaminya juga.


Yang bisa aku ambil hikmahnya adalah ketika kita memiliki satu keterampilan berkarya dan sekaligus cita-cita besarnya akan hal tersebut, maka harus diiringi keprofesionalan dan keikhlasan (tanpa pamrih) sehingga bagaimanapun penghargaan orang atas karya kita, maka tetaplah kita sebagai pemenangnya karena kita sudah berintegritas atas usaha kita sendiri.


So...keep try and be professional...
Semoga apa yang kita usahakan disukai Allah, disukai juga hamba-hambaNYA, aamiin...

PS : Untuk mbak Anazkia dan Denaihati terimakasih banyak atas apresiasi dan hadiahnya, sangat berarti dalam hatiku (^;^)

29 comments:

HB Seven said...

Menang atau kalah...ndak masalah..yang penting berani mencoba...

aura pelupa said...

Selamat atas kemenangannya!

Lalu Abdul Fatah said...

Alhamdulillah...
Selamat ya, Mbak.
Semoga lomba-lomba berikutnya, bisa mengikuti dengan semangat kompetisi dan kerendahhatian :)

Winny Widyawati said...

@ Fajar
Setuju mas Fajar...terus berkarya dan semangat, siip :)

@ Aura Pelupa
Terimakasih mas :)

@ Lalu Abdul Fatah
Aamiin, terimaksih banyak ya Bang :)

andie's room said...

wah habat.. selamat ya mbak.. maju tarus ya..

non inge said...

menang kalah... dalam lomba udah biasa...
tapi yang penting nggak berkecil hati ketika kalah ^^

Wong sikampuh said...

wah seneng ya klo menang dan dpt pengharga'an.Btw mba widya aq mau usul boleh ya.Gini mba kalo bisa background untuk tulisan postingan nya di gnt aja coz background nya mengganggu tulisan posting.Bahkan tulisan nya samar samar.

the others.. said...

Selamat atas kemenangannya...
Menang kalah dalam lomba itu biasa mbak, tapi 'pesan moral' yg ingin disampaikan mbak Win dalam artikel itu bagus kok.
Masalah selera juri dalam 'pengolahan' tema atau cara penyampaian itu memang tak bisa dipungkiri.
Tapi menurutku, setelah selama ini membaca tulisan mbak Win, terus terang saja aku suka dg gaya mbak Win menulis. Enak dibaca dan mengalir... bahkan kata2 yg dipilih bagus kok.
So.., sekali lagi selamat ya mbak.

catatan kecilku said...

Aku juga udah beberapa kali ikutan lomba dan selama ini baru 'beruntung' 2 kali.. tapi tetap aka nekad utk ikutan terus... hehehe.
Aku sedang senang melatih kemampuan menulis dg mengikuti berbagai lomba nih mbak..

Ninda Rahadi said...

selamat ya mbak.. keren deh

yansDalamJeda said...

"ketika kita memiliki satu keterampilan berkarya dan sekaligus cita-cita besarnya akan hal tersebut, maka harus diiringi keprofesionalan dan keikhlasan (tanpa pamrih) sehingga bagaimanapun penghargaan orang atas karya kita, maka tetaplah kita sebagai pemenangnya karena kita sudah berintegritas atas usaha kita sendiri".

hmmm....inilah hikmah yang tak banyak diambil orang, bahkan mungkin termasuk saya.
Btw, selamat telah menjadi salah satu pemenangnya.

rosanakmami said...

wah, selamat ya, mbak... ^^
tetap semangat berkarya ya... :)

Anonymous said...

selamat atas keberhasilan yang sudah diraih mbak..semoga semakin sukses kedepannya

Hanna Pertiwi said...

selamat mbak atas keberhasilannya mjd pemenang. Smg menambah motivasi..

salam kenal mbak dari saya org kampung...

Unknown said...

toss buat penyuka warna biru.

Unknown said...

wah, menang ya? selamat ya..makan2 dunk. lho? hehehe....tapi memang sih, saya dan dan Fanda gak nemuin puisi yg bener2 lucu. Jadi yg terpilih pun sebenarnya masih jauh dari harapan kami.halaah..kriterianya ketat ya? hehehhe...

nuranuraniku.blogspot.com said...

salam sobat
benar mba yang penting pengalaman dalam lombanya.
syukur alhamdulillah selamat mba menang.

Winny Widyawati said...

@ Andie's room
Wah bukan saya yg hebat mah mas andie, tp selamatnya diterima dg senang hati, makasih yaa :)

@ Inge
Setuju sayang, ttp semangat utk berkarya yaa dan jgn berkecil hati :)

@ Wong
Iya ya, seneng banget. Alhamdulilah. O gitu ya, backgroundnya kurang nyaman? OK sdh saya ganti tuh :)

@ mb.Reni in the others
Trmkasih mb.Reni memahami mksd sy, dan senang sekali kl mb.Reni suka dg tulisan sy. Itu sgt berarti buat sy mbak

@ mb.Reni di catatan kecilku
OK mbak kita nekaaaaatt ajah ya hehehe

@ Anyndia
Alhamdulillah, ssssttt....sebetulnya yg keren itu mb.Anyndia lho. Hehehe makasih ya sayang :)

@ Yans
Terimakasih ya atas apresiasinya, ucapannya bikin aku tambah semangat :)

@ Rosa
Terimakasih ya Ros :)

@ Goresan tinta
Aamiin, terimakasih jg ya :)

@ Hanna Pertiwi
Waaah ada sodara saya disini, sama2 org kampuuung hehehee, makasih ya Hanna sayang, orang kampung harus suksesss!!!

@ mb.Fanny
Tosss...!!!
Iya mbak, ketat banget sich...gak bisa disogok apaaa gitu ...qiqiqi

@ Nura
Hehe iya Nura, penting ga penting yg penting ikut lomba ya, siip. Makasih yaa :)

BlogCamp said...

Selamat atas prestasi gemilang yang telah diraih.

Sekarang saya undang ke BlogCamp untuk mengikuti acara disana.

Salam hangat dari BlogCamp yang saat ini sedang menggelar acara ” Ungkapkan Opini Anda” dan ”The Amazing Picture ” dalam rangka menyambut 1st BlogCamp’s Anniversary.

Silahkan bergabung di BlogCamp dan raihlah hadiah yang menarik.

Annaura said...

Assalamu ‘alaikum wr.wb, Kak.
Saya datang sebagai blogger newbie yang ingin berkenalan, silaturahmi dan menyerap ilmu dari para senior. Semoga kunjungan saya bermanfaat.
Blog kakak bagus sekali-saya ingin belajar disini boleh ya kak.

Kak, mohon berkenan berkunjung ke blog saya, mohon diberikan saran2 atau nasihat agar blog tersebut bagus dan terkenal seperti blog ini. Saya tunggu kakak di Panti Asuhan, kalau datang akan saya sambut dengan lagu rebana deh.

Salam hormat saya dari Batam.

Wassalamu alaikum wr.wb

Annaura said...

selamat ya kak atas prestasinya yang gemilang. Saya jadi ingin kontes2an kak.
salam manis dari Batam

aura keyboard said...

Setelah kubaca memang bagus dan layak menang, selamat!

Coretanku said...

Selamat ya Mbak, jadi ikut senang hih Mak.
By :
Anak Rantau

The Michi said...

tentunya jerman menang 4-0.... hidup jerman..

menyempatkan waktu untuk berkunjung untuk ngalor ngidul di sela sela kesibukan saya menonton piala dunia...haha


punten teh ahh,, teu bisa lami lami...heheh

semangat teh... menang kalah bukan masalah.. yang penting majuuuuuuu...

Peserta Kontes Newbie Trieand said...

wah selamat ya mbak..saya juga ikut kontes dan semoga bisa kayak mbak yang bisa menang kontes..:)

Winny Widyawati said...

@ Blog camp
Waah ada lomba lagi ??? ayo nekaaat ajah kata mb.Reni juga heheeh

@ Annaura
Alaikumsalam warahmatullah
Annaura sayang. Subhanallah, dikunjungi tamu dari panti asuhan suatu kehormatan besar. Tentu sj Naura boleh sering2 berkunjung kesini walaupun blognya sgt sederhana. saya jg newbie disini,baru sekitar 8 bulanan punya blog dan Senyum Windya ini blog kedua saya, blog pertama saya namanya Telagaku.Kita sama-sama belajar ya, smg berkah amiin.
Oya Naura ikut aja lomba2 yg ada, smg semakin menambah ilmu :)
Trmkasih ya sayang sdh berkunjung kemari :)

@ Aura Keyboard
Terimakasih ya

@ anak Rantau
Waah ikut seneng ya, makasih kl begitu ya :)

@ The Michi
Walaah...Jerman menang 4-0
Apa hubungannyaaaa...???
Hihihi...yayaya makasih ya *ckckck*

@ Peserta Kontes Newbie trieand
Ikut kontes juga? wah semoga menang yaa :)

imtikhan said...

halo salam kenal
blognya keren
sukses selalu terima kasih

Unknown said...

met siang..templatenya sama dg template blog puisiku. hehhee

Winny Widyawati said...

@ Imtikhan
Salam kenal jg, makasih ya :)

@ mb.Fanny
Koq jadi kembar ya qta hehe :D