Monday, August 23, 2010

Masa SMP Masa Yang Indah

Bismillah...

Alhamdulillah mendapat kesempatan urun tulisan untuk mendukung Gerakan SEO Positif dan Anak SMP melalui sahabat bloggerku yang suka panggil aku Tante (wah berasa muda jadinya hehe) yaitu Inuel The Nyun-Nyun si manis dari Surabaya.


Demi mengubah keyword SMP yang sekarang sudah terkontaminasi konten yang tidak baik di jagad internet Indonesia, aku sepenuhnya rela menulis tentang hal ini.


Hmm, bicara SMP, bagiku bicara nostalgia. Tentu saja, karena tiga tahun lagi inshaAllah, putriku sendiri yang akan menjadi siswi SMP. Mengenang masa itu bukan hal yang berat untukku, bahkan banyak kenangan manis yang tentus saja tidak aku lupakan karena indah dan baiknya pengalaman di masa itu.

Saat menyadari bahwa aku sudah menginjak 13 tahun, dan telah mengenakan seragam putih biru ke sekolah setiap hari adalah saat-saat yang menyenangkan buatku saat itu, entahlah mungkin hal ini dirasakan juga oleh teman-teman blogger lainnya. setiap kesempatan baru rasanya menawarkan harapan baru pula.


Walaupun memiliki banyak teman-teman yang baik, dan sering mengadakan acara-acara bersama baik dengan teman sekolah maupun teman main di rumah, aku tetaplah seorang yang senang dengan kesendirian. Watak bawaan dari rumah yang membuatku mulai memiliki kegemaran menulis. Kata orang menulis adalah salah satu kekhasan orang yang senang menyendiri sepertiku ( suka menyendiri apa nggak ada yang mau nemenin yah ??? *garuk-garuk kepala*).
Waktu itu aku bisa menghabiskan banyak buku pribadi yang disebut Diary untuk menuliskan banyak hal. Nggak tahu kenapa, aku lebih suka menuliskan isi hatiku dalam tulisan pena daripada mencurahkannya kepada ibuku sendiri. Sejak itulah kegemaran menulisku berawal.



Aku juga suka menggambar, menggambar apa saja yang aku suka semirip mungkin dengan model aslinya. Tak jarang, aku sering kena sentil Ibu titik-titik di kelas waktu itu karena saat beliau menerangkan sesuatu, nampak oleh beliau aku asyik coret-coret bukuku dengan gambar-gambar. Malah aku pernah gambar sosok  Ibu guruku itu dalam bentuk sketsa lho, saat beliau sedang berdiri di depan kelas hihihi, untung nggak ketahuan sampai aku lulus SMP, kalau nggak pasti aku dihukum lebih dari sekedar omelan, karena yang aku gambar, sosok dia dengan mimik yang judes, pokoknya nggak ada cantik-cantiknya deeh hehehe, maaf ya Buuu, maklum aku masih "nakal" waktu itu  .



Padahal sebetulnya, yang aku rasakan, walaupun tangan dan mataku tertuju pada kertas gambarku, aku masih bisa memahami apa yang beliau jelaskan koq *ini ngeles nggak ya ???*.
Mengerti itu kan nggak harus melototin tampang sang guru yang berdiri depan kelas ya. Justru kalo nggak sambil lihat pembicaranya, aku bisa lebih konsen *cari alesan*.
Tapi itu pun bukan pas pelajaran eksakta macam Matematika atau Fisika yang butuh konsentrasi penuh, aku menggambar hanya pada saat pelajaran-pelajaran dimana sang guru lebih banyak bercerita atau lebih banyak mnejelaskan suatu pelajaran yang puanjaang, daripada ngantuk kan lebih baik menyimaknya sambil gambar ya heheheh. Yaah namanya juga orang tua, mungkin beliau merasa kita tidak memperhatikan, jadi wajarlah kalau beliau jadi kesal, lagian cuma Ibu itu doang koq yang begitu.



Hmm satu lagi yang berkembang dari minat dan bakatku saat usia SMP itu adalah saat aku mulai suka dengan dentingan alat musik gitar. Mendengar satu kali suara gitar di televisi (saat itu stasiun satu-satunya di Indonesia cuma TVRI) mengalunkan musik klasik membuatku terpacu untuk bisa memainkan alat musik ini. Mulailah aku mencari guru untuk bisa mengantarku pada obsesiku itu. Aku tidak ikut les musik gitar saat itu, tapi ibuku memanggil seorang adik dari teman mengajarnya (Ibuku seorang guru sekolah dasar) untuk mengajariku alat musik kesukaanku. Entah mengapa suara gitar bagiku sangat eksotis, dimainkan secara tunggalpun tanpa ditemani alat musik yang lain terasa lengkap dan merdu. Alhamdulillah, hingga kini dengan gitar setidaknya aku bisa menghibur suami dan anak-anakku di rumah.



Ketiga minat dan bakatku di atas walaupun bukan bakat yang cemerlang mungkin bagi orang-orang,  tapi membuatku bisa bersyukur hari ini, bahwa masa mudaku di tingkat SMP saat itu kurasakan membawaku pada hal-hal bermanfaat, aku jauh dari lingkungan yang bisa merugikan masa depanku (jangan salah, ada teman SMP-ku saat itu yang santer menjadi pembicaraan teman-teman karena pergaulan bebasnya dengan lawan jenis).



Banyak hal yang ingin kukenang dan kuceritakan disini tentang masa itu, tapi apa yang sudah terangkai di atas sudah mencukupi aku kira untuk bisa saling menginspirasi adik-adikku siswa SMP dimanapun berada untuk dapat memanfaatkan waktunya semaksimal mungkin untuk hal-hal positif  sesuai dengan norma-norma yang diyakininya.


 Semoga tulisan alakadarnya ini dapat menjadi sumbangsih bermanfaat walau hanya secuil untuk mendukung masyarakat kita lebih perduli akan berinternet yang sehat.


Terimakasih buat Inuel-ku sayang atas kesempatan ini, dan juga kepada pemrakarsa diadakannya Gerakan SEO postif ini, semoga dirahmati Allah amiin.


Untuk memperbesar suara kita dalam menciptakan Keyword SMP dengan konten yang baik, maka bagi siapa yang telah membaca jurnal ini dan merasa belum menulis tentang hal ini, senang sekali jika dapat turut serta untuk menulisnya. Sebetulnya yang disyaratkan adalah lima blogger,tapi sepertinya aku bloger kloter terakhir yang menulis tentang hal ini, jadi bagi bloger yang belum sempat menulis, ayo..kita berpartisipasi memajukan internet sehat untuk generasi kita.

Semoga bermanfaat ya, amiin

16 comments:

ntiems said...

saya juga suka menggambar mbak... tapi cuma sebatas coretan gambar ga ada bagus2nya, tapi pernah dulu temen2ku mita di gambarin kartun dll...

sukses trus mbak...

annie said...

Yap, mari bersihkan kata SMP dari hal-hal yang menyesatkan anak-anak kita.

Wah, ternyata teh Winny banyak bakatnya, ya. Saya suka musik klasik juga tapi cuma sebatas penikmat saja.

riesta said...

wah,,,banyak bakatnya ya mbak Winny ni...

semoga usaha dari para blogger sukses ya "membersihkan" keyword SMP...

have a nice day..

Ladyonthemirror said...

ternyata Widya pinter main gitar. Aku suka juga bunyi gitar dan kagum sama orang bisa main gitar.

Sang Cerpenis bercerita said...

wah, jago menggambar ternyata ya.
sip deh ikut serta juga nih postingan SEO positif

Yusnita Febri said...

mbaa... gambarin dakuw dong.. itu tuuh HS ku yg d Multiply jadi trademark hehe

Ternyata mba Winny banyak bakat juga yaa.. :)

Seiri Hanako said...

duh jadinya pengen posting tentang anak smp ah..

tapi kapan y?

Nyun-nyuN said...

aku suka nulis di buku diary, tapi aku ga suka menyendiri, malah terkesan suka bergaul, tapi ga yang keerlalulan, terus gambar aku dulu suka seklarang tetep ga bisa nggambar hahaha...

makasih tante, udah ikut membantu nendang SMP yang ga baik :P, semoga bermanfaat, emang tante masih mud kok :P... alhamdulillah dapet pahala kan udah buat tante senyum hahha

Winny Widyawati said...

@ ntiems
Gambarku juga nggak bagus koq mbak, tapi suka aja :D. Makasih ya mbak do'anya :)

@ Annie
Suka Richard Clayderman juga nggak teh ?


@ Riesta
Amiin, iya semoga keyword SMP nggak menyesatkan pengguna internet ke konten2 jahiliyah ya mbak. Makasih lo mbak :)


@ mb.Misfah
Nggak pinter lah mbak, cuman genjreng genjreng aja biar rame hehehe


@ mb.Fanny
Ikutan mbak, biar sukses program SEOnya ;)


@ mb.Nita
Waah kapan ya bisa nepatin janji sama mb.Nita ???

@ mb.Seiri
Sekarang aja mbak :)


@ Inuel
Iya, Inuel makasih ya udah bikin saya bernostalgia. Masih muda? Alhamdulillaaaah *blushing*

albertus goentoer tjahjadi said...

mantab mbak... tulisannya komplit banget...

Elvindinata said...

hmmm,,, semoga partisipasinya tentang SMP menjdi sukses,, ane dukung dengan penuh program ini,,semngat,,^^,,slam kenal,,yah :)

taufikdisc™ said...

kunjungan perdana
:)
baguz nih postingannya

julicavero said...

mantaf gan..silahkan dilanjut yah...

Manajemen Emosi said...

terima kasih atas dukungannya..SALAM HANGAT DARI MANAJEMEN EMOSI....mari terus berbagi kebaikan mulai hari ini...nama sudah masuk dalam LIST PENDUKUNG GERAKAN SEO POSITIF..
ada puisi buat semua para pendukung GERAKAN SEO POSITIF...

Goyang Karawang said...

mantap smp semakin populer aja nih.. semoga konten2 negatif turut tersingkir

Obat asam urat said...

Mantap nie gan artikel nya sangat bagus banget ,,,,,,,