Wednesday, January 26, 2011

Tangisan Kaum Pria


Membuat status di Facebook hari kemarin 25 Januari 2011 ternyata mendapat respon yang beraneka ragam. Statusku "berbunyi" :
" Kenapa wanita lebih sering menangis dibandingkan pria ?"
Dan komentar-komentarnya bermacam-macam seperti yang bisa dilihat disini  :

Apapun itu, tapi benarkah hanya wanita yang bisa sering menangis di hadapan pria ?




Siapa bilang pria tak bisa banyak menangis ?


Tahukah engkau, kaum pria sesungguhnya jauh lebih sering "menangis"
Namun mereka menyembunyikan tangisnya di dalam kekuatan akalnya
Itulah mengapa Tuhan menyebutkan pada pria terdapat dua kali lipat akal seorang wanita
Dan itulah sebabnya mengapa tiada yang kau lihat melainkan ketegarannya


Pria menangis karena tanggung jawabnya di hadapan Tuhannya
Ia menjadi tonggak penyangga rumah tangga
Menjadi pengawal Tuhan bagi Ibu, saudara perempuan, istri dan anak-anaknya


Maka tangisnya tak pernah nampak di bening matanya
Tangis pria adalah pada keringat yang bercucuran demi menafkahi keluarganya


Tak bisa kau lihat tangisnya pada keluh kesah di lisannya
Pria "menangis" dalam letih dan lelahnya menjaga keluarganya dari kelaparan


Tak dapat kau dengar tangisnya pada omelan-omelan di bibirnya
Pria "menangis" dalam tegak dan teguhnya dalam melindungi keluarganya dari terik matahari, deras hujan dan dinginnnya angin malam


Tak nampak tangisnya pada peristiwa-peristiwa kecil dan sepele
Pria "menangis" dalam kemarahannya jika kehormatan diri dan keluarganya digugat


Pria "menangis" dengan sigap bangunnya di kegelapan dini hari
Pria "menangis" dengan bercucuran peluhnya dalam menjemput rezeky
Pria "menangis" dengan menjaga dan melindungi orang tua, anak dan istri
Pria "menangis" dengan tenaga dan darahnya menjadi garda bagi agamanya


Namun...
Pria pun sungguh-sungguh menangis dengan air matanya,  di kesendiriannya  menyadari tanggung jawabnya yang besar di hadapan Tuhannya


Sungguh tiada yang pantas mendampingi pria berharga seperti itu melainkan wanita mulia yang memahami nilainya.
Indah jalan menuju Tuhan jika wanita shalehah yang menjadi teman.


Pandanglah Ayah .....
Pandanglah Suami .....


Sesungguhnya syurga Allah di dalam keridha'an mereka



_______________________________________________________________________
Gambar illustrasi dipinjam dari sini http://ifateha.wordpress.com/2009/02/26/embun-hati/

18 comments:

Fajar said...

wuiiih..jadi tersandung..eh keliru..tersanjung..(gr..mode on)...

joe said...

pria juga bisa menangis kok, sebab pria juga manusia ...

Sang Cerpenis bercerita said...

sah sah aja sih cowo nangis. cowo juga manusia.

R. Indra Kusuma Sejati said...

Tulisan yang bagus Mba, dan terdapat pesan yang dapat di berikan garis merah untuk kaum Hawa, bahwa surga itu terdapat dalam ridho suami.

Salam

"Ejawantah's Blog"

Nadia Meutuah said...

Mba Windya...Baca ini jadi mikirin ayahku dan suamiku..Makasih ya mba, sudah mengingatkan betapa hebatnya mereka..

sakti said...

biasa aja co nangis, apalagi co buaya darat, jadinya air mata buaya... hehe

catatan kecilku said...

Mbak... membaca tulisan mbak Winny kali ini aku ingin segera memeluk bapakku dan suamiku....

the other said...

Betapa hebatnya laki2 mbak....
Makasih utk sharingnya.

Place to Study said...

Tante pinter sekali ya....

Muhammad A Vip said...

saya pria dan sering menangis. memang malu kalo dilihat orang.

Quinie said...

akhir2 ini saya boros air mata. bentar2 nangis2 hal2 yang gag penting :((. kenapa ya?

Lozz Akbar said...

kata siapa pria tidak menangis.. say ini loh nangisan hehe

salam kenal

aulia87 said...

wah, jawabannya menarik semua :)
adanya pria dan wanita (yang sah) merupakan masa depan yang akan bahagia dimana saling menopang satu sama lain :)

Admin said...

Jujur saya mengatakan "iya" dan semua itu pernah saya alami, bahkan saya mulai belajar ngeblog dikarenakan airmata juga, salam hormat dari "CeLoteh ALa faceBOOK" tulisan mbak bagus banget, jadi pengen belajar :)

NINDAAA said...

tapi kadang citra yang ada bikin pria malu menangis.. padahal menangis itu ngga apa-apa.. melembutkan hati.

Admin said...

mohon izin copas tulisan mbak widya, saya cantumkan disini;

http://celotehalafacebook.blogspot.com/2011/01/tangisan-kaum-pria.html

Tentunya ada sedikit catatan tambahan (fote note) yang saya selipkan. terimakasih.

latifatul ali said...

menarik artikelnya.
berarti menangis bg pria adalah hal yg wajar.

latifatul ali said...

menarik artikelnya.
berarti menangis bg pria adalah hal yg wajar.